Cara Membersihkan Bayi & Anak

Advertisement
Berikut ini akan kami bahas bagaimana Cara Membersihkan Bayi & Anak

Telinga merupakan babak yang sensitif, apalagi telinga bayi dan anak. Sehingga harus hati-hati saat membersihkannya. Namun, telinga bayi dan anak sebaiknya dibersihkan secara rutin. ini bagi menghindari penumpukan kotoran telinga yang bisa mengganggu hantaran bunyi dan dapat memengaruhi pendengaran. Kalau tidak dibersihkan, dikhawatirkan kotoran akan semakin keras ataupun sulit dikeluarkan.

Ada beberapa pendapat bahwa membersihkan telinga bayi & anak semestinya dilakukan oleh dokter THT saja daripada dilakukan oleh bunda sendiri di rumah. Namun, sebetulnya bunda dapat melakukannya sendiri, asal dengan cara yang bagus. Ikuti kiat membersihkan telinga anak, berikut ini.

Telinga bayi yang masih kecil:

Hindari penggunaan obat apapun untuk membersihkan telinganya, kecuali jikalau diresepkan oleh dokterBersihkan kotoran pada lekukan telinga luar dengan kapas lembab (basah tapi airnya pernah diperas)Tidak mendesak mengeluarkan dan melengahkan kotoran dalam lubang telinga karena akan keluar dengan sendirinya. Kotoran itu adalah hasil kreasi alami telinga yang berfungsi sesosok antiseptik. Kotoran tersebut juga bertugas sebagai wadah telinga yang bertugas menangkap benda-benda asing dari luar.


Telinga anak:

Untuk membersihkan telinganya yang kotor, lekatkan cotton bud.Tidak memerlukan benar-benar dalam memasukan cotton bud, maksimal 1 cm ke haluan lubang telinga. Hal ini untuk mencegah kotoran akan terdorong semakin kedalam dalam sehingga malah menambah tumpukan debu telinga ataupun mengganggu pendengaran Apabila timbul kotoran telinga yang terlihat menggumpal, sebenarnya dapat diambil sendiri tanpa perlu ke dokter. Caranya melunakkan kotoran terlebih dahulu dengan cairan karbogliserin (dapat dipesan di apotek). Namun, jikalau bunda ragu, bawalah anak ke dokter untuk dibersihkan.


Hal-hal yang perlu ditengok bunda bagi merawat telinga si kecil:

Selalu perhatikan telinga si kecil untuk memastikan didalam cuaca bersih atau sudah kotor Secara rutin (6 bulan sekali) ajak si mudah yang masih balita untuk kontrol ke dokter THT Jangan biarkan darah daging terpapar suara-suara keras yang dapat merusak gendang telinga (mendengarkan musik bervolume keras dengan headphone, suara-suara di arena permainan di mal)

Advertisement
Cara Membersihkan Bayi & Anak | DEVI D | 5

1 nhận xét:

Post a Comment