Batu Empedu

Advertisement

Batu Empedu

Gejalanya Mirip Sakit Maag atau Serangan Jantung

Batu empedu APA Batu empedu adalah gumpalan mirip batu yang terbentuk dalam kantung empedu (organ kecil mirip buah pir yang berada tepat di bawah liver). Kantung empedu menyimpan cairan pekat - disebut juga empedu atau bile (baca: bail) - yang dibuat di liver dan berfungsi mencerna lemak di usus halus. Batu dapat terbentuk apabila empedu mengandung kolesterol, garam empedu, bilirubin, atau zat-zat lain dalam kadar sangat tinggi sehingga terjadi kristalisasi dan pengerasan seperti batu. Kolesterol merupakan komponen terbesar yang membentuk batu empedu (sekitar 80%). Ukuran batu bervariasi mulai dari sekecil butiran pasir sampai sebesar bola golf. Batu empedu sering tidak menunjukkan gejala sehingga baru dilakukan tindakan setelah terjadi peradangan kantung empedu atau nyeri luar biasa.

Letak Batu Empedu
Batu Empedu

PENYEBAB Penyebab pasti

belum diketahui, namun sejumlah faktor dianggap dapat mengkontribusi pembentukan batu empedu, sepertipengosongan kantung empedu tidak tuntas; pola makan kurang serat, tinggi lemak (gorengan, lemakjenuh, produk susu), berlebihan dengan gula dan karbohidrat halus termasuk roti, kue, cake, biskuit dsb (dapat mengacaukan metabolisme kolesterol dan meningkatkan kadar kolesterol darah); peradangan usus atau gangguan pencernaan lainnya; obesitas atau penurunan berat badan yang terlalu cepat; kurang olahraga (menurunkan pengeluaran empedu), kondisi liver kurang baik; stres.


GEJALA

Nyeri yang terus menerus dan meningkat di sisi kanan atas perut Serangan nyeri biasa terjadi setelah makan, mulai dari 30 menit sampai beberapa jam. Rasa nyeri dapat menjalar sampai ke punggung, dada, atau bahu kanan sehingga sering dikira serangan jantung. Dispepsia atau gangguan pencernaan seperti gas, sebah, mual, kembung, atau sering buang angin (sering disebabkan oleh makanan berlemak).
Gejalanya Mirip Sakit Maag atau Serangan Jantung
Gejala Batu Empedu

SUPLEMEN/HERBA

Suplemen dapat membantu mencegah dan melarutkan batu

•Vitamin B komplek mg dua-tigakali sehari
•Vitamin C: 500 mg dua-empat kalisehari, turunkan dosis apabila fesesmenjadi lembek atau encer (membantumenurunkan kadar kolesterol dalam empedu).
•Lecithin: 1200 mg (kapsul) atau satu sendok makan bentuk butiran dua kali sehari (membantu mengikat dan membawa kolesterol keluar dari usus besar).
•Vitamin E: 400 IU satu-tiga kali sehari

PERHATIAN 
Batu empedu bisa terbentuk dalam saluran empedu jika ada penyempitan saluran atau bahkan setelah kantung empedu diangkat. Batu yang terperangkap dalam saluran menyebabkan peradangan saluran empedu dan infeksinya dapat menjalar ke empedu, liver, bahkan pancreas, dan organ-organ lain. Kantung empedu sama vitalnya dengan organ tubuh lain. Pengangkatan

YANG DAPAT ANDA LAKUKAN
  • Terapkan pola makan tinggi serat dan rendah karbohidrat halus, gula, dan lemak. Serat baik dapat diperoleh dari buah dan sayurao ,segar, oat bran, dan pektin (terdapat pada apel, pisang, kubis, wortel, jeruk, slie kacang polong, serta okra)
  • Kendalikan berat badan dan cukup minum air setiap hari.
  • Terapi bilas liver dengan minum campuran minyak zaitun dan air jeruk nipis atau lemon.

Advertisement
Batu Empedu | DEVI D | 5

2 nhận xét:

Post a Comment