Cara Membersihkan Cartridge Printer

Advertisement

Cara Membersihkan Cartridge Printer

Cara Membersihkan Cartridge Printer

Cara Membersihkan Cartridge Printer


Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara membersihkan cartridge printer. Cartridge merupakan bagian yang paling urgen pada sebuah printer. Bila cartridge printer ini mengalami masalah, maka sudah dipastikan hasil dari pencetakan akan rusak dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. 

Cartridge ini memang memegang peranan penting dalam kelancaran kinerja dari printer sehingga membutuhkan perawatan – perawatan secara khusus. Fungsi cartridge itu sendiri yaitu memasukkan tinta ke dalamnya dan mengubahnya sesuai perintah pada selembar kertas yang akan dicetak. 

Namun kadangkala hasil cetak data itu tidak sesuai dengan layout awal. Hal ini sangat umum dikarenakan terjadinya gangguan pada bagian head cartridge sehingga tinta tidak mau keluar dengan lancar. Terkadang head printer itu mengalami kemacetan saat hendak mengeluarkan tinta printer. 

Yang harus anda lakukan adalah melakukan cleaning system dari printer itu sendiri secara berulang – ulang agar sistem aliran tinta menjadi lancar kembali. Tapi bukan berarti cartridge itu rusak melainkan kurang dijaga kebersihannya. 
cara membersihkan cartridge yang benar

Cara membersihkan cartridge yang benar dan tepat agar dapat menghasilkan tinta sesuai dengan yang diinginkan. Yang pertama siapkan dulu bahan – bahannya seperti tissue, wadah dan air hangat untuk membersihkan cartridge.

Hal pertama yang dilakukan yaitu mencopot bagian cartridge pada printer, kemudian lap bagian bawah cartridge yang berfungsi untuk mengeluarkan tinta. Tujuan pengelapan ini untuk mengetahui kondisi dari cartridge itu sendiri masih baik atau tidak. Bila tinta di bawah tadi membasahi tissue makan cartridge masih dalam performa yang bagus. 
Cara Membersihkan Cartridge Printer
Kemudian yang anda lakukan sekarang yaitu menuangkan cairan pembersih cartridge dalam wadah penampungan. Penuangan cairan tersebut jangan terlalu berlebih dan cairan pembersih ini tidak ada maka bisa diganti dengan air hangat saja. Ujung cartridge tadi dicelupkan yang sebagai tempat tinta keluar. Yang menjadi catatan penting yaitu konektor penghubung pada printer tersebut.

Setelah dibersihkan, pergunakan tissue tadi untuk mengeringkan cartridge sampai benar – benar kering. Setelah itu pasangkan lagi head konektor ke dalam printer. Demikian cara – cara membersihkan  cartridge printer yang benar, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.


Advertisement
Cara Membersihkan Cartridge Printer | Unknown | 5

0 nhận xét:

Post a Comment