Cara membersihkan virus baru

Advertisement

Cara membersihkan virus baru

Pada artikel kali ini akan membahas tentang cara membersihkan virus baru yang mungkin masih belum terdeteksi oleh antivirus di computer kita. Yang perlu anda ingat adalah apakah anda telah melakukan update database pada antivirus anda. Karena meski database sudah di update. Virus bisa saja telah menginfeksi computer kita dan telah memprogram dirinya bersanding dengan antivirus. Karena bila virus sudah melakukan infeksi maka dia akan membohongi antivirus bahwa dirinya tidak berbahaya.
Cara membersihkan virus baru
Cara membersihkan virus baru

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan bila ingin melakukan pembersihan serangan virus computer ini. Yang pertama dilakukan adalah melakukan booting pada computer dengan mode safe dan menggunakan antivirus versi portable. Dengan anda melakukan proses booting secara safe-mode, maka virus diharapkan tidak akan aktif di memory dan kode – kode pada windows tidak dijalankan.
Kemudian anda harus mendownload antispyware yang portable dengan menggunakan computer yang terbebas dengan virus. 

Dan simpan antivirus itu dalam flash disk. Untuk melakukan booting windows secara safe mode tekan F5 atau F8 bila penekanan dengan tombol google salah. Sesudah windows tersebut masuk dalam safe mode, kita masukkan flash disk tadi yang telah berisi dengan antispyware portable. Bila isi flash disk tadi tidak terdeteksi. Perlu diingat bahwa file dari anti spyware ini terletak pada file yang terpisah agar tidak ditemukan oleh virus lain dikemudian hari. Nama file ini selau berawalan dengan SAS dan diakhiri dengan ekstensi file COM.

Sedangkan pada langkah kedua, dengan menggunakan rescue CD. Download isi file tersebut dan kemudian di burn pada ektensi iso CD. Setelah proses pembakaran selesai. Apabila pada computer anda memiliki jaringan data ke internet maka bisa dilakukan update dahulu sebelum dilakukan scanning virus. Perlu diketahui juga bahwa sistem operasi dan rescue ini hanya berjalan pada OS linux saja. Jadi mungkin saja koneksi internet dan jaringan wifi tidak akan terdeteksi dan lebih baik menggunakan koneksi internet kabel biasa. Demikian cara -  cara untuk membersihkan virus baru, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca.
Advertisement
Cara membersihkan virus baru | Unknown | 5

0 nhận xét:

Post a Comment