Cara Membersihkan Hati

Advertisement
Cara Membersihkan Hati

Cara Membersihkan Hati

hati yaitu sumber kebaikan serta kejelekan timbul. sesuai dengan sabda nabi saw, ingatlah, kenyataannya didalam jasad ada sepotong daging, jikalau daging itu baik, maka baiklah seluruh jasadnya. serta ingatlah, daging itu yaitu hati. hati yaitu bagian batin yang ada dalam jasad. ukuran seorang manusia bergantung pada hati serta akalnya. hati yaitu bagian yang sangat mulia serta di sebut qalb ( hati ) sebab didalamnya pikiran cepat timbul serta beralih, sebagai mana seorang penyair menjelaskan tiadalah manusia di sebut insan, akan tetapi sebab lupanya, serta tiadalah hati di sebut qalbu, melaikan berubah-ubahnya,
Cara Membersihkan Hati
Cara Membersihkan Hati Kita


kenyataannya baik serta rusaknya badan itu ikuti baik serta rusaknya hati sebab hati yaitu area mulainya gerakan-gerakan badan serta kehendak-kehendak jiwa. kehendak yang baik timbul sebab hati selamat dari penyakit-penyakit batin, layaknya hasud, kikir, dengki, serta sombong. sebaliknya, kehendak yang rusak timbul sebab hati tidak selamat dari beberapa hal tersebut. dalam gerakan badan, hati layaknya seorang raja serta jasadnya ( anggota-anggotanya ) layaknya rakyat. tidak di ragukan lagi, rakyat itu baik apabila rajanya baik, serta rakyat bakal rusak apabila rajanya rusak. demikian juga, hati itu layaknya mata air serta jasadnya layaknya sawah/ladang. apabila airnya tawar, maka tawarlah tumbuh-tumbuhannya, serta apabila airnya asin, maka asinlah tumbuhannya.

kenyataannya, hati nabi saw, dulu di belah oleh malaikat jibril as serta di keluarkan dari tempatnya. nyata nya hati itu berbentuk segumpal darah yang hitam. jibril menjelaskan bahwa itu yaitu sisi ( area setan. sesudah di keluarkan, hati nabipun lantas dibersihkan. oleh sebab itu hati nabi saw yaitu hati yang baik serta istimewa.

ada beberapa ulama menerangkan 7 langkah cara membersihkan hati dari semua penyakit hati yang tentu di punya oleh manusia umumnya yakni :


membaca al-quran dan mentadaburi isi dari kandungannya al-quran
mengosongkan perut, banyak berpuasa
sholat malam /sholat tahajud
merendahkan hati sembari berdoa pada saat sahur
duduk berbarengan orang-orang saleh
banyak berdzikir baik dzikir lisan serta utamanya dzikir hati( dzikir khofi )
meninggalkan perkara subhat serta berganti pada perkara yang halal.
kenyataannya, amal hati lebih utama ketimbang amal badan serta amal badan itu tak akan baik terkecuali hatinya baik serta ikhlas.
Advertisement
Cara Membersihkan Hati | Unknown | 5

0 nhận xét:

Post a Comment